Ikuti Kegiatan kami di Instagram. Klik link.

Permainan Pramuka


1.  ARUNG  JERAM
Tujuan :
  • Kerja sama tim.
  • Kekompakan regu.
  • Yang kuat membantu yang lemah.
  • Menetapkan bersama trategi manajemen secara tepat.
  • Menempatkan diri saat bertindak/ menjalankan tugas.
Alat :
  • Tali besar ( diameter 4-5 cm/ seukuran tali Perahu ).( panjang tali sesuaikan dengan anggota regu yang bermain. )
  • Kedua ujung tali di ikat dengan kuat.
Pelaksanan :
  • Semua anggota regu duduk melingkar dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam lingkaran.
  • Tiap anggota regu kedua tangannya memegang tali, jarak antar anggota regu 0,5 – 1 meter. Jarak semakin rapat semakin baik.
Peraturan :
  • Semua anggota regu berupaya untuk berdiri secara bersama-sama.
  • Saat mencoba berdiri, kedua kaki/ lutut tidak boleh ditekuk ( Tetap Lurus )
  • Setelah dapat berdiri bersama, kemudian berupaya duduk bersama kembali.
  • Diupayakan jangan ada peserta yang terjatuh.
2. STICK GOYANG
      Tujuan :
  • Menjalin Kerja sama dan toleransi antar anggota.
  • Belajar saat menerima dan kapan harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
  • Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.
      Alat :
  • Tali Pramuka/ boleh rafia. Sejumlah peserta.
  • Tongkat/ Balok/ papan kayu/ Bambu . Panjang ( 2- 3 meter ) Diameter bebas.
  • Aneka Halang rintang.
      Pelaksanaan :
  • Tiap anggota regu berhak memegangi utas tali . boleh sebelah kanan atau kiri
  • Ditengah tarikan utas tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
  • Regu Menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
  • Regu dengan waktu tempuh tercepat dan balok/ bambu tidak pernah jatuh itulah yang terbaik
  • Rintangan dapat dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/ bambu nampak penuh tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik dan turun)
3.  BAUT BARISAN
Tujuan : Agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah :
  • Peserta di bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
  • Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
  1. Kedua keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
  2. Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus jongkok.
  3. Setiap kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya dengan benar.
  4. Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
  • Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
4.  BERCERMIN
Latihan yang menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti orang lain. Acara sore yang baik.
Prosedur :
  • Setiap peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam jarak kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
  • Untuk putaran kedua, pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya bersentuhan dengan lembut.
  • Pada putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan menuntun mengikuti bergantian.
Bahan diskusi :
  1. Apa bedanya antara ketiga pengalaman tadi ?
  2. Bagaimana perasaan anda pada setiap latihan menuntun dan mengikuti tadi ?
  3. Adakah persamaan yang anda temukan dalam hal menuntun dan mengikuti dengan kenyataan sehari-hari?

© Kwartir Ranting Ngraho. All rights reserved. Developed by Jago Desain