Seputar Baret, Mengapa Baret Pramuka Miring ke Kanan?

Your Ads Here

Berbicara tentang baret, tentu bukan hal asing lagi bagi Pramuka. Iya, betul sekali baret merupakan salah satu atribut yang dipakai saat berseragam Pramuka, khusunya bagi anggota Pramuka laki-laki. Tapi apakah kamu pernah bertanya mengapa baret pramuka miring ke kanan? 

Nah, pada tulisan kali ini kita akan membahas berbagai hal yang ada pada baret. Karena penting bagi seorang Pramuka, agar tidak hanya bisa memakai baret saja akan tetapi juga tahu apa makna dan segala sesuatu yang berkaitan dengan baret. Untuk itu simak betul-betul pembahasan berikut ini.

Sejarah Baret atau Kabaret

Yang pertama kita akan membahas tentang sejarah baret. Menurut beberapa sumber yang ada, para arkeolog dan ahli sejarah menemukan jika penutup kepala yang mirip baret sudah dipakai sejak zaman perunggu, penutup kepala ini dipakai oleh orang Minoa (sebuah peradaban di Kreta, sebuah pulau dekat daratan Yunani), Etruria dan Romawi, yang notabene merupakan bangsawan serta seniman. 

Pada abad ke-19 dimulailah produksi baret secara komersial dengan skala yang cukup besar di Spanyol dan Prancis, karena baret dinilai praktis dan cocok bila dipadukan dengan berbagai busana, sehingga pada masa itu baret tidak hanya digunakan sebagai identitas bagi pasukan militer saja, akan tetapi juga sebagai tren fashion dengan berbagai model bentuknya. 

Diakhir abad ke-20 baret diadopsi oleh orang Cina, baik sebagai fashion atau nada politiknya, dari situ sebagai kepeluan fashion baret terus mengalami perkembangan yang terus mengalami penyesuaian dengan kebutuhan zaman.

Arti Kemiringan Baret?

Pembahasan kedua yang menarik dari baret, yaitu mengenai arah kemiringan baret. Pernahkah Kakak mengamati  baret yang dikenakan oleh anggota Polri, TNI atau bahkan Pramuka? jika Kakak pernah mengamati, disitu terdapat perbedaan arah kemiringan baret, antara baret yang dipakai anggota Polri, TNI bahkan Pramuka. 

Mengapa demikian? hal tersebut dilatarbelakangi oleh perbedaan fungsi dan tugas mereka, baret pada setiap satuan TNI dan Polri berbeda-beda memiliki arti tersendiri sesuai dengan latar belakang masing-masing satuan. 

Baret yang dimiringkan ke kiri merupakan tanda bahwa pasukan tersebut mempunyai tugas keamanan, pengamanan dan penegakan hukum, baret dengan arah kemiringan ke kiri ini dikenakan oleh anggota Polri. 

Sedangkan pada baret yang dimiringkan ke arah kanan menandakan bahwa pasukan tersebut dipersiapkan dan mempunyai tugas untuk bertempur di medan perang, baret dengan arah kemiringan ke kanan dikenakan oleh seluruh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), kecuali pada satuan Polisi Militer. 

Mengapa Baret Pramuka Miring ke Kanan?

Lalu bagaimana dengan baret yang ada di Pramuka? tentu Kakak juga tahu dan pernah memakainya, bahwa baret Pramuka mempunyai arah kemiringan ke kanan, sudah pasti hal ini mempunyai makna dibaliknya, yaitu dalam sejarah kelahirannya Pramuka merupakan organisasi kepanduan yang pada masa itu dibentuk sebagai pasukan tempur cadangan yang bertugas dan harus siap membantu para pejuang perang, namun Pramuka tidak langsung berperang, akan tetapi bila ada pejuang yang terluka di medan perang.

Pramuka bertugas untuk mengevakuasi hingga merawatnya, serta tugas-tugas lain yang sifatnya membantu pasukan perang. Nah, Jadi seperti itulah yang menjadi alasan atau asal usul baret Pramuka dimiringakan ke arah kanan, tentu bangga bukan?. 

Maknanya, kita sebagai seorang Pramuka generasi muda bangsa harus bisa menjiwai dari simbol tersebut untuk selalu mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi dan  selalu siap untuk terus berkarya untuk kemajuan bangsa kita Indonesia tercinta. 

Referensi : www.idntimes.com, id.m.wikipedia.org
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Older Posts Older Posts

Related Posts

Your Ads Here

Comments

Post a Comment
Loading comments...