Makna dan Sejarah Dibalik Istilah Penegak Bantara

Makna dan Sejarah Dibalik Istilah Penegak Bantara
Posted by Kwaran Ngraho
Your Ads Here

Makna dan Sejarah Dibalik Istilah Penegak Bantara

Sebagai anggota gerakan pramuka tentu sering melihat pembantu pembina dan dewan ambalan menggunakan badge bantara dipundaknya atau mungkin kakak baru saja mengikuti pelantikan bantara. Sebenarnya apa makna dan sejarah terbentuknya kata bantara di Gerakan Pramuka? Berikut saya akan membahasnya.

Dibalik kesederhanaan bentuk badge bantara dan prosesi pelantikannya, sebenarnya terkandung makna dan tanggung jawab besar yang harus diembannya.

Baca juga :

Bagaimana tidak, jika seorang anggota gerakan pramuka telah berhasil menempuh bantara dan mengucapkan janji Tri Satya maka mereka harus mengabdikan dirinya terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

Makna Penegak Bantara

Penegak bantara sendiri bukan merupakan satu kata melainkan dua kata benda yaitu terdiri dari, penegak dan bantara.

Penegak adalah anggota gerakan pramuka yang telah berusia 16-20 tahun. Dimana usia terebut memasuki masa sosial atau disebut juga masa remaja awal yaitu masa pencarian jati diri.

Sedangkan Bantara adalah kecakapan umum paling dasar dalam tingkatan pramuka penegak. Untuk bisa disebut penegak bantara para anggota gerakan pramuka harus terlebih dahulu menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) Bantara

Sejarah Istilah Bantara

Bantara berasal dari bahasa sansekerta yang berarti pengawal atau ajudan yaitu mengawal dan menjaga tegaknya pancasila dan negara kesatuan republik indonesia.

Kata bantara sendiri berhubungan dengan kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Masa-masa inilah yang disebut penegakan kemerdekaan RI.

Walaupun belum ada keterangan apakah "bantara" merupakan kata akronim, tetapi yang jelas pada masa itu istilah bantara digunakan untuk orang yang selalu siap sedia melaksanakan amanat yang diberikan. 

Terlepas dari kontroversi antara "Bantuan Tenaga Rakyat" dan "Bala Tentara". Adapula yang mengartikan pemuda indonesia yang merupakan kader pembangunan dalam mengisi kemerdekaan Indonesia serta menjadi pelopor bagi kemajuan masyarakat.

Tanggung Jawab Penegak Bantara

Setelah anggota penegak dinyatakan lolos dan layak naik tingkat menjadi bantara, ada beberapa tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab.
  1. Mengingatkan jalannya pemerintahan
  2. Menjaga jalannya pemerintahan
  3. Mengawal jalannya pemerintahan

Berikut adalah 10 kewajiban sebagai penegak bantara, meliputi :
  1. Meningkatkan rasa percaya diri
  2. Menjaga nama baik pribadi dan ambalannya
  3. Mengembangkan daya kreatif
  4. Berani menyampaikan pendapat kepada orang lain
  5. Menghargai dan menerima kritikan orang lain
  6. Bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadanya
  7. Berbakti kepada masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  8. Mengembangjan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  9. Meningkatkan jiwa kepemimpinannya
  10. Senantiasa bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua, lingkungan dan masyarakat

Sekarang sudah tahu kan kak? semoga artikel tentang makna dan sejarah dibalik kata penegak bantara bisa bermanfaat dan menambah wawasan kakak sebagai kader bangsa. Salam Pramuka!
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Related Posts

Your Ads Here

Loading comments...