Makna dan Bentuk Lambang Saka Bhayangkara

Makna dan Bentuk Lambang Saka Bhayangkara
Posted by Admin
Your Ads Here

Makna dan bentuk lambang saka bhayangkara

Setiap satuan karya dalam gerakan pramuka pasti memiliki ciri khas tersendiri salah satunya berupa lambang. Perlu diperhatikan bahwa lambang Saka Bhayangkara bukan hanya sekedar hiasan seragam atau gambar-gambar tanpa makna.

Sebagaimana tertuang dalam Keputusan Kwarnas Nomor 159 tahun 2001 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Bhayangkara, tepatnya berada pada Bab X yang mengatur tentang Lambang, Bendera, Tanda Jabatan, Papan Nama dan Stempel. Berikut ini makna dan bentuk lambang saka bhayangkara.


Lambang Saka Bhayangkara

Lambang saka bhayangkara

Seperti kebanyakan lambang satuan karya kebanyakan, Saka Bhayangkara memiliki bentuk dasar segi lima berwarna merah dengan list hitam yang masing-masing sisinya berukuran panjang 5 cm. Adapun beberapa gambar yang terdapat dalam lambang saka bhayangkara meliputi :
  1. Perisai berwarna hitam dan kuning
  2. Bintang tiga berwarna kuning tua
  3. Obor berwarna putih dengan api merah
  4. Logo Gerakan Pramuka berwarna kuning tua
  5. Serta tulisan hitam "SAKA BHAYANGKARA"

Makna Lambang Saka Bahayangkara 

Seperti yang sudah tertuang dalam Jukran Saka Bhayangkara, SK Kwarnas Nomor 259 tahun 2001 berikut ini adalah makna lambang Saka Bhayangkara, simak ulasannya :
  1. Memiliki bentuk dasar segi lima melambangkan falsafah Pancasila
  2. Bintang tiga melambangkan Tribrata dan perisai melambangkan Carut Prasetya, dimana dua hal tersebut merupakan Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia
  3. Obor melambangkan sumber terang sejati
  4. Api memiliki tiga lidah yang menjulang melambangkan Triwikrama atau tiga pancaran cahaya yaitu : Kesadaran, Kewaspadaan (Kewaskitaan) dan Kebijaksanaan
  5. Tunas Kelapa melambangkan Gerakan Pramuka
  6. Serta makna keseluruhan lambang Saka Bhayangkara memiliki makna bahwa setiap anggota Saka Bhayangkara memiliki sikap perilaku dan perbuatan yang aktif berperan serta membantu usaha memelihara dan membina ketertiban guna mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, serta mampu menjamin tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. 

Penggunaan Lambang Saka Bhayangkara

Tidak sembarang orang bisa menggunakan lambang Saka Bhayangkara ini, hanya mereka yang sudah selesai menempuh pelantikan saja. Berikut ini beberapa orang atau jabatan yang berhak mengenakan lambang atau Badge saka Bahayngkara, meliputi :
  1. Anggota aktif saka Bhayangkara
  2. Dewan Saka Bhayangkara
  3. Pemimpin dan wakil pemimpin krida
  4. Pamong saka Bahayangkara
  5. Instruktur Saka Bhayangkara
  6. Pimpinan saka Bhayangkara 
  7. Majelis Pembimbing saka Bhayangkara
Adapun ketentuan pemakaian tanda saka Bhayangkara adalah waktu mengikuti kegiatan kepramukaan dengan syarat masih aktif sebagai anggota saka Bhayangkara. Pada umumnya lambang saka ini ditempatkan pada lengan kiri seragam pramuka serta pada bendera saka Bhayangkara.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai makna dan bentuk lambang saka Bhayangkara serta penggunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kakak tentang saka Bhayangkara. Salam Pramuka!
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Related Posts

Your Ads Here

Comments

Post a Comment
Loading comments...