Ketentuan dan Cara Memakai Selempang Pramuka

Ketentuan dan Cara Memakai Selempang Pramuka
Posted by Admin
Your Ads Here

Ketentuan dan Cara Memakai Selempang Pramuka

Secara garis besar tatacara pemakaian selempang atau tetampan TKK pramuka telah diatur dalam SK Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 134/KN/76 tahun 1976 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Kecakapan Khusus. Sayangnya walaupun sudah ada ketentuan diatas, masih sering kita jumpai banyak anggota atau pembina yang salah dan belum tahu tatacara pemakaian selempang pramuka yang baik dan benar. Jukran Tanda Kecakapan Khusus bisa diunduh disini

Untuk itu, kakak akan menjelaskan secara detail mulai dari pengertian, bentuk serta ukuran, cara memakai dan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam pemakaian selempang pramuka. Berikut ulasannya :

Pengertian Selempang Pramuka

Sebelum masuk ke pembahasan alangkah baiknya kakak menjelaskan secara singkat apa itu selempang atau tetampan pramuka, supaya kamu lebih paham fungsi dan tujuannya.

Baca juga : Cara Membuat Simpul Kembar dengan Baik dan Benar

Selempang atau tetampan pramuka adalah sebuah selendang yang terbuat dari kain berwarna coklat tua dengan garis tepi sesuai warna golongan (misalnya, untuk penegak warna kuning) yang berguna untuk tempat menempelkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) jika seorang anggota pramuka telah memiliki lebih dari lima TKK pada seragamnya.

Bentuk dan Ukuran Selempang

Adapun bentuk dan ukuran selempang menurut ketentuan yang berlaku sebagai berikut :
  1. Selempang dibuat dari bahan kain berwarna coklat tua
  2. Ukuran selempang pada anggota gerakan pramuka Siaga dan Penggalang berukuran 8 cm, sedangkan untuk Penegak dan Pandega adalah 10 cm 
  3. Pada kedua tepi selempang diberi hiasan berupa kain flanel atau pita zig-zag dengan ukuran lebar hiasan 1 cm dan berjarak 0,5 cm dari tepi.
  4. Sedangkan untuk warna hiasan disesuaikan dengan warna golongan anggota gerakan pramuka, Misalnya : Hijau - Siaga, Merah - Penggalang, Kuning - Penegak/Pandega.
Bentuk selempang tkk pramuka

Cara Pemakaian Selempang Pramuka

Anggota pramuka dapat menggunakan selempang TKK pramuka, jika setidaknya telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus (TKK) sebanyak lebih dari 5 TKK yang dipasang pada lengan sebelah kanan seragam pramuka.

Baca juga : Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia  

Namun, jika seorang anggota pramuka belum memiliki lebih dari 5 TKK maka anggota pramuka tersebut belum boleh mengenakan atribut selempang ini. Karena secara garis besar fungsi dari atribut ini adalah untuk meletakkan Tanda Kecakapan Khusus.

Misalnya, ada anggota pramuka yang memiliki delapan TKK maka lima TKK ditempelkan pada lengan sebelah kanan seragam pramuka dan sisanya ditempelkan pada selempang.

Paling umum cara memakai selempang TKK pramuka ini adalah dengan cara menyelempangkannya dari kanan bahu ke kiri pinggul. Adapun jika anggota pramuka memiliki banyak sekali tkk sehingga tidak muat dalam satu selempang, anggota tersebut dapat mengenakan dua selempang dengan cara disilangkan.

Baca juga : Mengenal Sosok H Mutahar Pencipta Lagu Hymne Pramuka

Hal tersebut sesuai dengan SK Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 134/KN/76 tahun 1976 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Kecakapan Khusus. Lebih rincinya lagi ketentuan tersebut pada Bab V pasal 16 ayat B hingga H tentang Ketentuan dan Tempat Pemakaian Tanda Kecakapan Khusus.

Untuk lebih jelasnya berikut ketentuan cara menempatkan Tanda Kecakapan Khusus pada selempang
  1. TKK yang terpasang pada selempang tidak boleh sama dengan TKK yang ada pada lengan baju seragam pramuka
  2. TKK yang dipasang haruslah tingkatan paling tinggi yang telah diperolah anggota pramuka
  3. Penempatan TKK pada selempang diutamakan berada pada bagian depan badan dengan pemasangan mulai dari atas (setelah bahu). Apabila memiliki banyak Tanda Kecakapan Khusus bisa meneruskan hingga kebelakang (sebelum bahu).
  4. Dan apabila satu selempang tidak muat karena memiliki TKK banyak, maka diperbolehkan menggukanan dua selempang dengan cara pemakaian menyilang.
Cara memakai tetampan pramuka

Selempang hanya boleh dikenakan saat mengikuti kegiatan upacara kepramukaan. Pada saat latihan atau kegiatan lain hendaknya selempang tidak dipakai atau ditanggalkan.

Kesalahan Umum dalam Memakai Selempang Pramuka

Berikut ini merupakan beberapa kesalahan pemakaian selempang TKK pramuka paling umum yang sering kakak jumpai dilapangan, diantaranya :
  1. TKK yang terpasang pada lengan baju belum berjumlah lima tetapi sudah memakai selempang
  2. TKK yang terpasang pada lengan baju masih dipasang juga di selempang
  3. TKK pada selempang belum sepenuhnya sampai kebelakang sudah memakai selempang kedua
  4. Pemakaian selempang terbalik yaitu dimulai dari bahu sebelah kiri hingga pinggul kanan.

Baca juga : Sejarah Terciptanya Dasa Dharma Pramuka 

Nah, sampai disini saja artikel tentang ketentuan dan cara memakai selempang pramuka. Semoga apa yang kakak tulis ini bermanfaat serta menambah wawasan kepramukaan baik untuk peserta maupun pembina dalam mendidik peserta gerakan pramuka. Salam Pramuka!
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Related Posts

Your Ads Here

Comments

Post a Comment
Loading comments...