Mengenal Sosok H Mutahar, Pencipta Lagu Hymne Pramuka Hingga Paskibraka

Mengenal Sosok H Mutahar, Pencipta Lagu Hymne Pramuka Hingga Paskibraka
Posted by Kwaran Ngraho
Your Ads Here

Pencipta lagu hymne pramuka dan paskibraka

Siapa yang tidak mengenal sosok dibalik lagu Hymne Pramuka dan pencetus Paskibraka yang satu ini ? Yaa, beliau adalah H. M. Husein Mutahar atau lebih akrab dipanggil H. Mutahar.

Beliau adalah sosok habaib yang lahir di Semarang tanggal 5 Agustus 1916. Selain Hymne Pramuka H. Mutahar juga sosok dibalik lagu Hari Merdeka.

Lalu bagaimana fakta kehidupan beliau semasa hidup? berikut ulasannya.

1. Karir

H. Mutahar memulai karirnya di Yogyakarta sebagai Sekretaris Panglima Angkatan Laut Republik Indonesia dan pegawai tinggi Sekretariat Negara.

Selanjutnya, ia menjabat di berbagai departemen. Karir H. Mutahar memuncak saat menjadi Duta Besar Republik Indonesia di Tahta Suci (Vatikan).

Ia menjabat duta besar di negara Katolik itu mulai sejak tahun 1969 hingga tahun 1973. H. Mutahar diketahui telah menguasai 6 bahasa secara aktif. Jabatan terakhir beliau adalah sebagai Penjabat Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri pada tahun 1974.

2. Pencetus Paskibraka

Saat menjabat sebagai ajudan Presiden, ia diberi tugas untuk menyusun upacara pengibaran bendera pada ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Nah, disitulah kemudian ia mencetuskan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka untuk pertamakalinya

Menurut pemikirannya, pengibaran bendera sebaiknya dilakukan oleh para pemuda-pemudi yang mewakili berbagai daerah di Indonesia. Kemudian ia memilih lima pemuda yang berdomisili di Yogyakarta (tiga laki-laki dan dua perempuan) sebagai wakil daerah mereka.

Pada tahun 1967, sebagai direktur jenderal urusan pemuda dan Pramuka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, H. Mutahar diminta Presiden Soeharto untuk menyusun tata cara pengibaran Bendera Pusaka.

Baca juga : Pencipta dan Sejarah Terciptanya Dasa Dharma Pramuka

Tata cara pengibaran Bendera Pusaka dikibarkan oleh satu pasukan yang dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok 17 sebagai pengiring atau pemandu, kelompok 8 sebagai kelompok inti pembawa bendera, kelompok 45 sebagai pengawal . Pembagian menjadi tiga kelompok tersebut merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

3. Pencipta Lagu

Selain menjabat sebagai pegawai pemerintahan, H. Mutahar juga merupakan seorang komponis. Ia merupakan spesialis pencipta lagu kebangsaan dan anak-anak.

Lagu karyanya yang populer hingga saat ini adalah Hymne Syukur (diperkenalkan Januari 1945) dan Mars Hari Merdeka (1946). Karya terakhir beliau, Dirgahayu Indonesiaku, menjadi lagu resmi ulang tahun ke-50 Kemerdekaan Indonesia.

Baca juga : Ini Dia, AD ART Gerakan Pramuka Terbaru

Sedangkan lagu anak-anak ciptaannya adalah Gembira, Tepuk Tangan Silang-silang, Mari Tepuk, Slamatlah, Jangan Putus Asa dan Saat Berpisah.

4. Keluarga

H. Mutahar memutuskan untuk tidak berumah tangga. Namun, ia mempunyai 8 anak angkat terdiri dari 6 laki-laki dan 2 perempuan. Sebagian dari mereka merupakan se­rahan dari orangtuanya yang janda atau beberapa waktu sebelum meninggal dunia.

Baca juga : Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia

Ada pula orangtua yang sukarela menyerahkan anaknya untuk diakui sebagai anak dari H. Mutahar. Semua sudah beru­mah tangga dan mempunyai 15 orang cucu terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan.

5. Wafat

H. Mutahar meninggal diusia 88 tahun pada 9 Juni 2004. Jenazahnya dimakamkan di Pemakaman Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Berkat jasa-jasa dari beliau, kita bisa menikmati lagu-lagu penuh makna untuk generasi sekarang.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai sosok dibalik pencipta lagu Hymne Pramuka yang sebagaimana kita tahu dedikasi beliau terhadap bangsa Indonesia sangatlah besar. Sekian dan Salam Pramuka!
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Related Posts

Your Ads Here

Comments

Post a Comment
Loading comments...