Alat Musik Sasando Dikagumi Pramuka Dunia

Alat Musik Sasando Dikagumi Pramuka Dunia
Posted by Kwaran Ngraho
Your Ads Here

sasando dikagumi pramuka dunia

Sasando adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Penamaan Sasando sendiri berasal dari bahasa Rote Sasandu, yang memiliki arti alat yang bergetar atau berbunyi.



Dalam acara Jambore Kepanduan Sedunia ke-24 yang dilaksakan di West Virginia, Amerika serikat. Terlihat Deaniel Benjamin Asadoma salah satu peserta Jambore yang berasal dari Gugusdepan Gobal Sevilla School Pulomas, Jakarta Timur, sedang memainkan alat musik Sasando.

Rupanya permainan alat musik yang dibawakan oleh Daniel yang juga berasal dari NTT itu mampu menarik perhatian para tamu pada acara “Indonesia Day” di arena Jambore Kepanduan Sedunia ke-24 di West Virginia, Amerika Serikat.

Keteranpilan Deaniel memainkan lagu-lagu dengan alunan nada yang indah, berhasil menarik minat Luc Pannisod, mantan Sekretaris Jenderal World Organization of the Scout Movement (WOSM).

Luc yang telah cukup sering datang ke Indonesia dan kini menjadi konsultan WOSM itu, sempat bertanya kepada Deaniel apakah nada yang dihasilkan bisa meniru nada-nada musik modern? dengan kepiawaiannya Deaniel pun langsung memetik dawai Sasando, mulai dari do, re, mi, fa, sol, la, si, sampai nada do tinggi.

Didampingi Pimpinan Kontingen Gerakan Pramuka, Kak Supriyadi, Luc dan beberapa tamu lain tampak terpesona dengan salah satu kekayaan alat musik Indonesia yang berasal dari Nusa Tenggara Timur itu.

Sumber : @gerakanpramuka



Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Related Posts

Your Ads Here

Comments

Post a Comment
Loading comments...