Cara Membuat Simpul Hidup dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Simpul Hidup dengan Baik dan Benar

Simpul hidup atau dalam bahasa inggris disebut overhand knot adalah salah satu simpul yang paling dasar. Pembuatan simpul-simpul lain seperti simpul mati dan simpul kembar menggunakan dasar simpul ini.

Simpul hidup ini basanya digunakan sebagai pemati pada ujung tali untuk menjaga agar jalinan tali pada ujung tidak terurai. Dikepramukaan, simpul ini termasuk salah satu simpul yang wajib dikuasai oleh anggota gerakan pramuka serta menjadi salah satu materi uji dalam Syarat Kecakapan Umum tingkat siaga dan penggalang.

Lalu bagaimana cara membuatnya? simak ulasan cara membuat simpul hidup dengan baik dan benar berikut ini :

Cara Membuat Simpul Hidup

Pertama yang harus dilakukan adalah membuat sosok atau lingkaran, kemudian masukkan salah satu ujung tali kedalam sosok, terakhir eratkan keduanya (tarik kedua ujung tali) hingga simpul mengencang atau erat. Agar mudah dipahami perhatikan gambar ilustrasi berikut :

Simpul Hidup


Selain overhand knot juga dikenal double overhand knot dan overhand loop.  Double overhand knoot merupakan pengembangan dari simpul hidup di mana tali dimasukkan dua kali ke dalam sosok  (lingkaran) baru kemudian dieratkan. Sedangkan untuk membuat overhand loop dengan cara terlebih dahulu membagi tali (melipat tali) menjadi dua bagian lalu disimpul hidup sehingga salah satu ujungnya berupa sosok.





Namun kedua simpul itu jarang digunakan dalam kepramukaan. Nah, itulah ulasan tentang cara membuat simpul hidup dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada ulasan yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar. Salam Pramuka!


 

0 Response to "Cara Membuat Simpul Hidup dengan Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel